Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, KOPHI bekerjasama dengan SMA Negeri 53 Jakarta menyelenggarakan kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rancangan agenda KOPHI Goes To School yang diselenggarakan pada Sabtu, 14 Mei 2016 di Kampus SMAN 53 Jakarta, Cipinang, Jakarta.

Syarat utama untuk dapat terpilih sebagai Duta Lingkungan adalah harus mampu membentuk sebuah produk berbasis lingkungan, lalu dipersentasikan dihadapan dewan juri dan guru-guru sekolah. Setidaknya ada 3 orang finalis yang berhasil lolos untuk mempersentasikan karyanya, antara lain Khairunnisa (XI MIA 1), Joko Susilo (X MIA 1), dan Luthfiah Priti Utami (XI MIA 2).

Khairunnisa, atau yang akrab dipanggil Nisa oleh rekan sejawatnya, mempersentasikan produk berupa tas yang terbuat dari bungkus sampah plastik. Menurutnya, produk ini sangat multiguna dan ekonomis karena mampu pula untuk mendorong upaya pengurangan tas atau kantong plastik. Seraya dengan Nisa, Luthfiah membuat produk tas. Bahan baku yang digunakan ialah kaos atau kain-kain bekas. Bahan tersebut sangat mudah ditemukan serta akan menimbulkan stylish ketika dipakai oleh orang-orang disetiap jangkauan usia. Sedangkan Joko Susilo membuat produk berupa sandal dari bahan kardus. Sandal ini diyakini menjadi produk anyar dibandingkan sandal-sandal lain yang umumnya terbuat dari bahan karet atau plastik.

Dra. Dumaria Simanjuntak, M.Hum, mengungkapkan rasa bangganya terhadap anak didiknya. Selama 2 tahun lebih bermukim sebagai sebagai kepala sekolah, beliau mengungkapkan bahwa sekolah yang dipimpinnya memiliki potensi yang besar. “Ibu sangat bangga sama anak-anak, saya lihat di poster-poster kalau ada anak-anak yang mampu membuat produk yang luar biasa”, tutur perempuan mengenyam pendidikan Magister di FIB UI tersebut. Sebagai bentuk apresiasi terhadap para finalis, Dumaria membeli seluruh produk yang telah dihasilkan dan berjanji akan memasarkan produk-produk tersebut ke luar lingkungan sekolah.

Pada rangkaian Pemilihan Duta Lingkungan, Luthfiah Priti Utami terpilih sebagai Duta Lingkungan oleh para dewan juri yang terdiri dari Yudithia (Pendiri KOPHI), Oke Fifi Abriany (Ketua Umum KOPHI), dan Raden Diky Dermawan (Kepala Divisi Media dan Komunikasi KOPHI). Selain itu, Joko Susilo terpilih sebagai Duta Lingkungan Terfavorit melalui voting yang dilakukan melalui akun Instragram.

***

Penulis: Raden Diky Dermawan