Jakarta — Duta Lingkungan KOPHI, Luthfiah Priti Utami bersama keempat rekannya menunjukkan aksinya dalam pelestarian lingkungan. Kelima siswa SMAN Negeri 53 Jakarta itu dengan diinisasi KOPHI menyelenggarakan lokakarya daur ulang sampah.

[Lihat juga: Adu Gagasan Produk berbasis Lingkungan]

Aksi itu ditunjukan pada rangkaian Festival Orang Muda yang digelar oleh Tempo Institute pada Sabtu (5/11) di halaman Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta.

Berbekal baju bekas, botol air mineral bekas, dan lembaran kertas yang didapatkan di sekitar area gedung, kelima pemuda tersebut menyulapnya menjadi barang-barang yang memiliki nilai kreatif dan kegunaan. Tas dari baju bekas dan paper bag adalah produk yang dihasilkan oleh pemuda yang rata-rata duduk di kelas XII SMA tersebut.

Kehadiran Luthfiah dan kawan-kawan adalah sebagai bentuk penghargaan dan tindak lanjut dari pemilihan Duta Lingkungan beberapa bulan silam. Pada setiap kegiatannya, KOPHI akan memperkenalkan Duta Lingkungan ke publik agar terjaring berbagai inspirasi dan berbagi cerita untuk memperluas konstribusi.

Luthfiah selaku Duta Lingkungan sangat menyambut baik kehadiran dirinya ke rangkaian Festival Orang Muda berbagi pengalaman mengenai daur ulang sampah. Menurutnya kegiatan ini memfasilitasi dirinya untuk dapat mengenal orang-orang muda dan menginspirasi.

“Iya, aku seneng banget disini karena bisa ketemu sama orang-orang yang menginspirasi dan sering aku lihat di TV”, tutur Luthfiah.

Festival Orang Muda sendiri diselenggarakan dengan mengangkat tajuk “Menuju Seabad Republik”. Rangkaian kegiatan yang menghadirkan beberapa tokoh muda seperti Aan Mansyur itu bertujuan untuk memfasilitasi pemuda-pemuda Indonesia untuk berkembang dalam membangun bangsa dan negara.

 

 

Penulis: Raden Diky Dermawan

Foto: Raden Diky Dermawan