Oke Fifi Abriany, menamatkan pendidikan terakhir di Program Sarjana Teknik Kimia Industri Institut Teknologi Indonesia ini adalah sosok pemimpin di Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI). Fifi mengemban amanah sebagai Ketua Umum sejak 2015 hingga 2017 yang disahkan pada Kongres Nasional KOPHI di Makasar ke-4.

Ketertarikan Fifi bergabung bersama KOPHI dilatarbelakangi oleh keinginannya agar memiliki keseimbangan antara aktivitas akademis kampus dengan kehidupan sosial. Sejak 2013, Fifi menapaki diri sebagai anggota KOPHI dengan harapan agar setiap orang, khususnya pemuda dapat memiliki perhatian lebih terkait permsalahan lingkungan. Fifi pun berkeinginan agar setiap pemuda dapat bergerak dan beraksi untuk menyelamatkan lingkungan Indonesia.

Sampah menjadi isu yang diminati oleh Fifi. Perempuan yang lahir 5 Oktober 1993 ini mengemukakan bahwa pengelolaan sampah bukan sekedar “buang apa ke tempat sampah”, melainkan “kemana sampah itu akan berlabuh nantinya”. Sebagai pemuda, kita harus mampu mendorong pengelolaan sampah dari pemilahan sampah hingga pemanfaatan sampah menjadi sesuatu yang berguna. “Semua akan berhasil ketika sustain untuk dilaksanakan”, kata Fifi.

Selama bergabung di KOPHI, Fifi merasakan manfaatan yang tiada terduga. Selain dapat menjalankan mimpi untuk lingkungan lestari, Fifi yang saat ini mengoordinasikan KOPHI di tingkat daerah senang karena dapat mengenal keberagaman budaya dan pemikiran dari setiap punggawa KOPHI seluruh Nusantara. Berbagai diskusi bersama mewarnai pemikiran Fifi tentang lingkungan yang saat ini juga menjadi Koordinator Harian Hutan Itu Indonesia.

KOPHI bukan sekedar organisasi pemuda, namun melebihi arti keluarga. Melalui KOPHI, Fifi merasa menjadi merasa lebih bermanfaat untuk sesama dan lingkungan. “Anak muda jangan sekedar kritik sana-sini, tapi ayo aksi. Jangan halangi kreativitas diri untuk menciptakan sesuatu yang lebih berharga”, pesan Fifi.

 

 

Penulis: Raden Diky Dermawan