Mengenyam pendidikan pada disiplin ilmu kesehatan bukan menjadi halangan bagi Wullan untuk menggeluti isu lingkungan bersama KOPHI. Kini, Wullan Febriyanti menapaki konstribusi sebagai Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) KOPHI sejak 2015 lalu.

Perempuan yang sudah menamatkan studi di program D3 Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Jakarta III ini prihatin dengan kondisi lingkungan di Indonesia yang mengalami degradasi. Beberapa dampak pernah dirasakan seperti banjir dan sampah yang menumpuk di sekitar rumah. Kondisi demikian membuat Wullan tergerak hatinya untuk berkonstribusi dan bergabung bersama KOPHI di Divisi Litbang.

Sebagai Kepala Divisi Litbang, Wullan berharap bahwa nantinya KOPHI mengakselarasi diri memunculkan sejumlah temuan dan analisis atas permasalahan lingkungan agar bersama-sama dicarikan solusinya. Selain bergerak pada tataran riset dan pemahaman isu lingkungan, edukasi kepada masyarakat menjadi tugas yang diemban oleh divisi ini. Tidak jarang KOPHI mengadakan kunjungan ke sekolah-sekolah dan masyarakat untuk memberikan edukasi mengenai perilaku hidup sehat dan hijau. Antuasiasme yang lahir adalah semangat bagi Wullan dan punggawa KOPHI untuk berkonstribusi lebih jauh.

Peran sebagai periset atas isu-isu yang hangat menantang Wullan dan tim untuk cepat beradaptasi. Tidak jarang bahwa pertukaran pikiran terjadi dan membuat diskusi diantara punggawa KOPHI menjadi semakin menarik. Wullan percaya apa yang kita pikirkan hari ini adalah demi kebaikan dan kelestarian lingkungan di masa mendatang. “Bergabung di KOPHI dan mencoba memikirkan lingkungan adalah cara yang bisa saya lakukan untuk mengembalikan kelestarian lingkungan untuk anak dan cucu kelak”, ujar perempuan kelahiran 21 tahun silam ini.

 

 

Penulis: Raden Diky Dermawan