Berita Pers- Peringati Hari Bumi, KOPHI Mengadakan Kegiatan Aksi Pungut Sampah di Titik Nol Sungai Ciliwung Depok

//Berita Pers- Peringati Hari Bumi, KOPHI Mengadakan Kegiatan Aksi Pungut Sampah di Titik Nol Sungai Ciliwung Depok

Jakarta, 21 April 2018- Hari Bumi (Earth Day) merupakan peristiwa tahunan dimana orang-orang di seluruh dunia merayakan hari lingkungan sekaligus mempromosikan kegiatan ramah lingkungan.Hari Bumi juga dijadikan momentum untuk menyoroti masalah lingkungan yang sedang berkembang sekaligus usulan mengenai cara mengatasinya. Sebenarnya kegiatan hari bumi juga dapat dilakukan untuk memperkenalkan “Bumi dan Kondisisinya”, sebab tidak semua orang tahu jika 2/3 bagian bumi adalah air,  dan kondisi air saat ini sudah banyak tercemar oleh mikroplastik. Maka jika sebagian besar wilayah perairan telah tercemar, hal ini berarti hampir separuh bagian bumi tercemar. Tema hari bumi di tahun 2018 ini merupakan sampah plastik. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menilai persoalan sampah sudah meresahkan. Indonesia bahkan masuk dalam peringkat kedua di dunia sebagai penghasil sampah plastik ke Laut setelah Tiongkok.Sampah merupakan masalah yang sangat krusial khususnya bagi masyarakat yang notabene tinggal di Ibukota.

Sampah menjadi masalah yang paling besar kedua di Indonesia. Setiap harinya sampah yang dihasilkan baik oleh rumah tangga maupun industry mencapai 7500 ton sampah setiap harinya (sumber dari Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2015). Pada perayaan Hari Bumi 2018 ini, Home Credit mengadakan CSR bekerjasama dengan KOPHI (Koalisi Pemuda Hijau Indonesia) untuk melakukan kegiatan sosial lingkungan yang bertemakan pengenalan bumi dan kondisinya dengan judul  “Wajah Bumi”. Kegiatan ini meliputi kegiatan edukasi yang diisi oleh KOPHI dan penyusuran sungai ciliwung serta bersih-bersih sungai.

Harapan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mendorong rasa kepedulian peserta untuk sadar akan permasalahan yang terjadi pada lingkungan sendiri sehingga mereka akan mengerti bagaimana sikap yang harus dilakukan terhadap lingkungan.

By | 2018-10-30T06:15:55+00:00 October 18th, 2018|Artikel Lestari|0 Comments

Leave A Comment