Jakarta, 2 Desember 2012 – Dengan membawa semangat dan tujuan yang sama “Indonesia yang Lestari“, sebanyak 40 orang pemuda datang dari berbagai Provinsi di Indonesia untuk menghadiri Kongres Nasional Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) yang dilaksanakan di Museum Penerangan TMII. KOPHI merupakan forum komunikasi antara pemuda-pemudi Indonesia yang mempunyai kepedulian terhadap isu perubahan iklim Dan kongres tersebut diselenggarakan untuk mendiskusikan bersama-sama mendiskusikan program kerja sekaligus untuk menemukan solusi-solusi dari masalah lingkungan yang ada di daerah masing-masing.

Fadhil Ismi, Ketua Umum KOPHI Aceh, menuturkan, “Saya mendapatkan ide-ide baru mengenai program-program yang dapat kami jalankan di Aceh melalui kongres ini.“ Menurutnya, kegiatan ini dapat memperkaya pengetahuan mengenai lingkungan.

Semangat pemuda Indonesia untuk melakukan perubahan terhadap permasalahan lingkungan sangat tinggi. Ini terlihat dari antusiasme para pemuda untuk bergabung dan mendirikan KOPHI di daerah masing-masing. Pada Kongres Nasional I tahun 2011, KOPHI hanya terdiri dari 13 Provinsi. Namun, sekarang telah bertambah 5 Provinsi baru menjadi 18 Provinsi.

Dengan semakin banyak Provinsi dan anggotanya, KOPHI ingin melakukan tindakan untuk mengurangi kerusakan lingkungan di Indonesia. Oleh karena itu, para dari 18 KOPHI daerah dalam Kongres Nasional II memutuskan untuk melakukan tindakan nyata yang kolektif dan berkelanjutan, yakni Gerakan Lingkungan Aksi Sosial (Gelas) KOPHI, serentak di seluruh Indonesia. Sebab kerusakan lingkungan merupakan salah satu permasalahan yang harus ditangani bersama. Kegiatan penyelamatan lingkungan yang dilakukan sendiri-sendiri dan terpisah tidak akan berdampak banyak.

Kongres Nasional ini tidak hanya ditujukan untuk anggota KOPHI saja, tetapi masyarakat umum juga menghadiri public event yang diadakan pada tanggal 2 Desember 2012. Diskusi film The Age of Stupid oleh Rully dari 350, Talkshow “Green Life Style” serta Sharing komunitas lingkungan.

Diharapakan, rangkaian acara Kongres Nasional KOPHI dapat

mengedukasi peserta dan masyarakat umum mengenai fakta-fakta lingkungan.